Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Misteri Monster Gremlin


Musim semi di tahun 1954 nampaknya menjadi keanehan bagi masyarakat kota Bellingham, Seattle, Washington. Keanehan itu tentang adanya lubang di kaca depan mobil yang dialami banyak orang dalam waktu yang hampir bersamaan.
Orang-orang itu panik dan meyakini bahwa lubang itu disebabkan oleh "pelaku kejahatan".
Di Bellingham, petugas penegak hukum bahkan telah menuju kota dengan harapan dapat menangkap "pelaku kejahatan" dan memasang penghalang jalan di di Deception Pass Bridge.
Cara ini kemudian terbukti tidak berhasil dan kejadian semakin meluas. Kasus serupa juga dialami mobil-mobil di Stasiun Udara Angkatan Laut Pulau Whidbey di Pelabuhan Oak.
Selama 5 jam, 75 marinir melakukan pencarian intensif di stasiun tersebut tanpa menemukan apa-apa. Di akhir hari, lebih dari 2.000 mobil di Bellingham sampai Oak Harbor dilaporkan rusak.
Berita tersebut kemudian sampai ke Seattle dan langsung ditemukan bukti bahwa ada tiga mobil telah rusak parah di 6th Avenue dan John Street.
Banyaknya kaca depan yang rusak membuat mereka yakin bahwa itu bukan tindakan pelaku kejahatan. Tetapi, karena itu juga, para ahli bingung tentang penyebab munculnya lubang itu.
Teori-teoripun kemudian muncul:
  • Karena pemancar radio jutaan watt baru milik Angkatan Laut di Jim Creek dekat Arlington. Tetapi, Komandan Angkatan Laut George Warren menyebut teori ini benar-benar tidak masuk akal.
  • Sinar kosmik dari matahari yang menyerang bumi. Tetapi karena sedikitnya informasi tentang sinar kosmik, teori ini tidak cepat untuk dibuktikan atau disangkal.
  • Karena peristiwa atmosfer yang misterius yang tidak bisa dijelaskan oleh pendukung teori ini.
  • Karena telur kutu pasir yang kemudian menetas di atas kaca. WHUT?!?
  • Karena elombang suara supersonik, puing-puing karang non-radioaktif dari uji bom nuklir, atau pergeseran medan magnet bumi.
  • Karena ulah gremlin. haha
ini dia gremlin.
Bahkan, D. M. Ritter, seorang ahli kimia Universitas Washington yang ditugaskan untuk menangani kasus ini tidak tahu apa penyebab kerusakan pada kaca depan tersebut.
Pada 15 April 1954, polisi dibanjiri telepon di mana sudah hampir 3.000 kaca depan yang rusak dan tidak ada yang tahu harus berbuat apa.
Kasus ini nampaknya semakin membuat pejabat ikut panik. Walikota Seattle, Allan Pomeroy, mencoba mencari bantuan dengan mengirim telegram kepada Gubernur Arthur Langlie di Olympia, dan Presiden Dwight D. Eisenhower di Washington D.C
What appeared to be a localized outbreak of vandalism in damaged auto windshields and windows in the northern part of Washington State has now spread throughout the Puget Sound area. Chemical analysis of mysterious powder adhering to damaged windshields and windows indicates the material may simply be spread by wind and not a police matter at all. Urge appropriate federal (and state) agencies be instructed to cooperate with local authorities on emergency basis.
Investigasi lebih lanjut yang dilakukan oleh Departemen Kepolisian Kota Seattle menunjukkan bahwa sebagian besar kerusakan terjadi pada kaca depan mobil tua. Mobil yang tua menunjukkan tanda-tanda lubang tetapi tidak dengan mobil-mobil baru.
Polisi memiliki penjelasan sederhana: lubang-lubang itu sudah ada di sana selama ini, tetapi tidak ada yang memperhatikan mereka sampai sekarang.
Sersan Max Allison dari laboratorium kejahatan Seattle menyatakan bahwa semua laporan kerusakan terdiri dari 5 persen karena ulah penjahat, dan 95 persen adalah histeria publik.
Pada 17 April 1954, tidak ada lagi laporan yang masuk. Semua tiba-tiba berhenti.
Ambiguitas, penyebaran desas-desus dan kepercayaan salah tetapi masuk akal, pengaruh media massa, peristiwa geopolitik, dan penguatan keyakinan palsu oleh tokoh-tokoh otoritas (dalam hal ini, polisi, militer, dan tokoh politik) adalah faktor-faktor terciptanya khayalan kolektif di Seattle

Post a Comment for "Misteri Monster Gremlin"