Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MENGENAL ANGGUR: MEWAH, NIKMAT DAN SEHAT

Bisa dikatakan anggur menempati posisi istimewa dari jajaran buah-buahan yang ada di dunia. Hampir semua kebudayaan mengenal anggur. Bahkan bagi beberapa budaya, buah berbentuk bulat ini sering disebut sebagai makanan para dewa. Sebut saja di Yunani.

Dalam kebudayaan Yunani kuno, para raja dan panglima perang biasa menumpahkan minuman anggur (minuman yang terbuat dari anggur yang diperas dan disimpan dalam sebuah tempat dalam waktu tertentu) di depan sebuah altar, sebagai persembahan kepada para dewa di Olympus (tempat para dewa dewi Yunani bertahta) sebelum berangkat perang. Mereka yakin, anggur sangat digemari oleh para dewa, sehingga dengan ritual tersebut, mereka berharap para dewa akan menyertai mereka dalam medan peperangan.

Manfaat anggur merah untuk kesehatan dan kecantikan
Manfaat Anggur Merah


Lain Yunani lain pula Israel. Dalam kebudayaan kuno Israel dan daerah sekitarnya, anggur sering disebut sebagai simbol sukacita, kegembiraan dan kemenangan. Dalam berbagai pesta dan perjamuan yang dilakukan para raja Israel kuno, anggur selalu menjadi menu wajib yang harus tersedia. Bahkan kebudayaan ini terus berlanjut hingga zaman Yesus. Dalam ritual kebaktian umat Kristen awal, orang-orang selalu berkumpul pada waktu tertentu untuk melakukan perjamuan suci, yaitu memakan roti tanpa rasa dan meminum anggur dalam cawan.

BERBAGAI OLAHAN ANGGUR


Buah anggur dipercaya berasal dari sebuah wilayah di negara Armenia. Pada perkembangan selanjutnya, anggur menyebar dengan cepat, pertama ke Timur Tengah dan Mesir, lalu kemudian ke Eropa, Cina dan seluruh penjuru dunia. Christoper Columbus, petualang dan pelaut asal Portugis adalah sosok yang dianggap membantu penyebaran anggur ke seluruh dunia. Anggur dalam sekejap dapat diterima dalam berbagai budaya.

Selain memang enak dan lezat, anggur ternyata dapat diolah ke dalam berbagai variasi olahan. Adalah bangsa Mesir kuno yang memulai untuk mengolah anggur menjadi minuman. Berbagai olahan minuman anggur yang cukup terkenal antara lain wine dan jus anggur. Wine sendiri terbuat dari fermentasi gula yang terdapat dalam anggur. Ada beberapa jenis wine, seperti red wine, white wine, rose wine, sparkling wine dan masih banyak lagi. Diantara varian wine tersebut, red wine adalah jenis yang paling populer dan digemari. Selain diolah menjadi minuman, anggur juga dapat dibuat menjadi jelly, selai dan manisan. Rasanya yang asam dan manis juga membuat anggur menjadi menu kudapan favorit bagi beberapa kalangan.

BERBAGAI MANFAAT ANGGUR UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN 


Selain nikmat, anggur ternyata memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan. Berbagai penelitian pun terus dilakukan untuk mengetahui berbagai khasiat dari buah anggur ini Berikut ada enam manfaat anggur untuk kesehatan manusia.

1. Asma 


Bagi penderita asma, anggur sangatlah disarankan. Asma terjadi karena menyempitnya saluran pernafasan, yang mengakibatkan si penderita mengalami kesulitan bernafas. Asma selama ini dikenal sebagai penyakit kambuhan, dalam arti serangan asma terjadi dalam waktu dan kondisi tertentu. Beberapa kondisi yang dapat memicu serangan asma antara lain debu, polusi asap, dan kondisi psikologis si penderita. Tetapi sekarang para penderita asma boleh sedikit menarik nafas lega. Karena, menurut penelitian, ternyata anggur sangat baik untuk mengobati penyakit saluran pernafasan ini. Anggur dapat membantu menaikkan kadar air dalam paru-paru, sehingga saluran pernafasan terasa lebih segar.

2. Sembelit 


Sembelit adalah salah satu jenis penyakit yang berkaitan dengan saluran pencernaan. Gejala yang paling umum dari penyakit sembelit adalah susah buang air besar. Ini biasanya disebabkan karena kotoran yang terlalu padat dan mengeras. Gejala lainnya dari penyakit ini adalah pusing, mual, kehilangan nafsu makan dan bahkan susah tidur. Sembelit sendiri diakibatkan oleh pola makan yang tidak teratur, kurang minum dan terlalu sering duduk serta kurangnya aktivitas fisik.

Tak heran jika penyakit ini sering menyerang para pekerja kantor yang memiliki aktivitas yang super sibuk. Terlalu banyak mengonsumsi daging juga dapat menyebabkan sembelit. Tetapi jangan khawatir, karena ternyata buah anggur juga memiliki manfaat dalam menyembuhkan dan mencegah penyakit saluran pencernaan yang satu ini. Buah anggur memiliki kandungan gula, selulosa dan asam organik yang ternyata sangat baik untuk mengatasi sembelit. Disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 350 gram anggur setiap harinya agar memberikan hasil yang optimal.

3. Penyakit Jantung 


Penyakit jantung adalah penyakit yang cukup ditakuti, terutama bagi masyarakat modern yang tinggal di perkotaan. Tapi sebenarnya penyakit ini bisa menyerang siapa saja, tak peduli usia, jenis kelamin atau pekerjaan. Risiko penyakit jantung pun tidak main-main, yakni kematian. Penyebab utama penyakit jantung adalah tingginya kadar kolesterol serta partikel radikal bebas dalam tubuh.

Kandungan kolesterol yang berlebihan akan membuat pembuluh darah yang menuju ke jantung menjadi semakin menyempit. Akibatnya, aliran darah pun terganggu. Jika hal ini terus-menerus terjadi, maka risiko terkena penyakit jantung pun akan semakin besar.

Minyak berbahan biji anggur merupakan salah satu solusi untuk mengobati penyakit ini. Biji anggur kaya akan zat kolagen yang mampu melawan radikal bebas dan mengembalikan struktur pembuluh darah, termasuk yang menuju ke jantung.

4. Kelelahan 


Bagi seorang pekerja keras, anggur sangat dianjurkan. Ini dikarenakan anggur memiliki kadar gula yang tinggi sehingga dapat mengganti energi tubuh yang hilang. Selain itu, anggur juga menyimpan banyak zat yang mampu memulihkan kondisi tubuh serta meningkatkan stamina dengan cukup cepat. Sebuah olahan yang berbahan baku anggur yang dikenal dengan nama minuman anggur merah selain manis dan banyak disuka juga sangat berkhasiat dalam mengembalikan kebugaran tubuh. Itulah mengapa kini banyak minuman berenergi yang mengandung ekstrak buah anggur.

5. Migrain 


Migrain adalah salah satu penyakit yang menyerang organ kepala. Gejala paling jelas dari penyakit ini adalah rasa sakit kepala sebelah. Ada beberapa tingkatan dari migrain. Yang paling parah dapat menyebabkan nyeri dan sakit yang luar biasa pada penderitanya hingga waktu yang cukup lama. Anggur ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi migrain. Caranya, buatlah sari anggur murni (jus anggur tanpa tambahan gula atau air) dan minumlah secara teratur setiap hari.

6. Kanker 


Manfaat lain dari buah anggur adalah sebagai pencegah dan obat untuk mengobati kanker. Anggur memiliki kandungan resveratrol dan Anthochyanin sehingga sangat berkhasiat sebagai anti kanker dan menghambat pertumbuhan kanker. Anggur juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

7. Memutihkan Gigi 


Memiliki gigi yang putih dan bersih adalah dambaan setiap orang. Anggur juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kebersihan gigi. Konsumsi anggur secara rutin akan membuat gigi tampak lebih putih dan kuat.

8. Memperindah Kulit Dan Wajah 


Anggur juga sangat bermanfaat dalam merawat kecantikan kulit dan wajah. Buah yang satu ini ternyata kaya akan zat yang mampu menghambat proses penuaan dini. Anggur juga dapat berfungsi untuk mengurangi kerutan-kerutan halus yang ada pada wajah serta menghaluskan kulit. Ini karena anggur kaya akan asam lemak esensial serta zat antioksidan.

9. Mempercantik Kuku Jari


Ingin memiliki kuku yang indah. Buah anggur bisa menjadi solusinya. Anggur memiliki kandungan zat-zat yang dapat mengurangi bintil-bintil pada kuku. Campurkan saja sepuluh butir buah anggur dan dua sendok gula ‘ke dalam’ food processor.

Lalu oleskan ‘bubur’ anggur tersebut pada kuku jari anda secara berkala. Itulah beberapa manfaat dari buah anggur, baik untuk kesehatan maupun menjaga kecantikan. Tidak ada salahnya untuk mulai menjadikan anggur sebagai makanan favorit keluarga. Walau mungkin harganya lebih mahal dari beberapa jenis buah lain, tapi anggur memiliki kaya akan khasiat dan manfaat yang cukup penting. Jadi tunggu apa lagi, ayo isi kulkas anda dengan buah anggur, mewah, lezat dan bermanfaat.

Demikianlah manfaat dari buah anggur, semoga artikel ini juga bermanfaat untuk Anda. Ikuti terus artikel kami.

Referensi :

1. Mayoclinic : Anggur Merah dan Jantung

2. Food NDTV : Red Wine for beauty

3. Cosmopolitan : Manfaat Anggur Merah

Post a Comment for "MENGENAL ANGGUR: MEWAH, NIKMAT DAN SEHAT "