Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta Unik Seputar Perang Dunia II - Dan Jarang Dibicarakan

Foto Perang Dunia ke 2

Beberapa fakta Perang Dunia II yang mungkin sudah diketahui namun jarang diekspos :
  1. Kyoto semula adalah target utama bom atom, namun usulan ini ditolak oleh Henry L. Stimson, Sekretaris Perang AS kala itu, karena ia pernah berbulan madu di kota tersebut.
  2. Jumlah korban sipil akibat serangan udara ke Tokyo lebih banyak daripada gabungan jumlah korban bom atom Hiroshima dan Nagasaki.
  3. Radar Jepang sebenarnya sudah mendeteksi pesawat pembawa bom atom, namun diabaikan karena jumlahnya “terlalu sedikit untuk dianggap sebagai sebuah ancaman”.
  4. Presiden Eisenhower memprediksi bahwa nantinya akan ada pihak yang menyangkal peristiwa holocaust, sehingga ia memerintahkan untuk mengambil dokumentasi sebanyak-banyaknya.
  5. Si Kaddour Benghabrit, Imam Mesjid Agung di Paris, menyelamatkan ratusan warga Yahudi dengan memberi mereka dokumen palsu dan menyembunyikan mereka di bawah mesjid tersebut.
  6. Sekutu membebaskan para tahanan dari kamp konsentrasi, kecuali kaum homoseksual.
  7. Tentara Uni Sovyet melakukan penjarahan dan pemerkosaan masal saat Berlin jatuh ke tangan mereka, meninggalkan trauma yang mendalam kepada para wanita di kota tersebut.
  8. Swing atau berbagi pasangan adalah tradisi yang dilakukan oleh para pilot pesawat tempur PD2, dengan tujuan jika mereka tewas di peperangan, akan ada yang menjaga para janda mereka.
  9. “Mengkonsumsi wortel bagus untuk meningkatkan penglihatan” adalah hoax yang diciptakan oleh pihak Inggris untuk menutup-nutupi sistem radar terbaru mereka.
  10. Brazil adalah satu-satunya negara Amerika Selatan yang bergabung dalam PD2. Mereka bergabung ke pihak Sekutu.
  11. Hitler mempunyai keponakan yang bergabung dengan tentara AS dan melawan pamannya tersebut.
  12. Alan Turing, bapak kecerdasan artifisial modern, yang turut berjasa dalam memecahkan kode rahasia Jerman, tidak memperoleh penghargaan apapun bahkan dipaksa untuk menghentikan segala penelitiannya karena ia adalah seorang gay.
Mayat Pengecoh

Selain itu, ada penemuan mayat yang sebenarnya cukup menentukan jalannya perang. Seperti apa kisahnya?

Apakah anda percaya jika saya memberi tahu anda bahwa, seorang pria yang benar-benar mati pernah membantu Inggris memenangkan pertempuran melawan Nazi Jerman di Perang Dunia 2?
So there was this man named Major William Martin, — yang mati terdampar di pesisir pantai di Huelva, bagian utara, Spanyol.
Di tangannya terdapat koper yang berisi surat yang menjelaskan tentang operasi mendatang tentara Inggris menyerang Yunani lewat laut mediterania. Tapi ini bukan surat komando resmi, hanya sekedar surat informal antar teman yang memiliki detail yang lebih saja.
Pihak intelegensi Inggris pastilah langsung pontang panting mencoba untuk mengambil kembali koper itu, karena Spanyol waktu itu berada dibawah kuasa Jerman, tapi mereka telat. Pihak Inggris memang bisa mengambil kembali dokumen itu, tapi mata-mata dari Jerman sudah mendapatkan kopian dari surat itu dan mengirimnya ke Hitler.
Otomatis Hitler langsung menempatkan pasukannya di Yunani dan memperkuat pertahanannya disana. Tapi di tahun 1943, yang diserang oleh Inggris malah Sisilia, alih-alih Yunani. Hitler jelas kelabakan dan kebingungan karena adanya misinformasi ini.
Satu hal yang pihak Nazi Jerman tidak tahu adalah; Major William Martin ini sebenarnya tidak pernah ada. Dia hanya sekedar tokoh fiksi yang diciptakan pemerintahan Inggris.
Tapi ada seseorang yang bernama, Glyndwr Michael, seorang tuna wisma dari Wales yang tidak memiliki siapapun yang ‘tinggal’ di London. Glyndwr meninggal di jalan akibat keracunan. Mungkin disengaja, direncanalan oleh agen MI5, atau mungkin karena memang dia tidak sengaja memakan makanan yang sudah diracun sebagai umpan tikus.
Mayatnya ini kemudian diambil oleh pihak Inggris, dipakaikan seragam militer, dan mereka sengaja membuatkan dokumen palsu untuknya, mulai dari tanda terima untuk pembelian cincin nikah, akta nikah, surat cinta dari tunangannya, foto, tiket bus, kunci rumah, dan berbagai macam dokumen formal lainnya.
Mayatnya ini kemudian dibawa oleh sebuah kapal selam, lalu dilepaskan di pesisir pantai di Spanyol. Pihak intelegensi Nazi yang ditempatkan di Spanyol itu orang yang memang bisa dibilang cukup rakus. He’d claim any discovery as his own, travel to Berlin deliver the copy personally, and made up the story on how he discover the body in order to make himself look better, in which he actually did.
And of course, semua upaya kerajaan inggris yang seakan-akan secara putus asa mencoba untuk mengambil kembali dokumen yang dibawa oleh ‘Major William Martin’ ini hanya tipu daya belaka. Tim intelegensi Inggris yang ada di Bletchley Park yang sudah memecahkan kode sandi Enigma mengkonfirmasi bahwa operasi ini sukses besar.
“Mincemeat swallowed whole”
Jerman memindahkan pasukannya dari Sisilia ke Yunani dan meninggalkannya dalam keadaan minim pertahanan. Inggris kemudian bisa dengan mudah mengambil Sisilia dan menggunakannya sebagai garis depan untuk meyerbu Italia.
Fakta Menarik Lainnya 
  • Jika saja Stalin percaya dengan informasi dari orang ini, Soviet setidaknya tidak akan kelabakan dan dapat menahan blitzkrieg Jerman atau nama lainnya Operation Barbarossa. Dia adalah Richard Sorge, seorang jurnalis jerman dan juga mata mata Russia. Dia berjasa untuk Russia terutama soal informasi tentang Jepang yang tidak akan menginvasi Soviet lewat Siberia, sehingga Stalin tidak perlu menyiapkan dua front sekaligus dan dapat mengirim pasukan dari Siberia untuk membantu pasukan Soviet di front barat yg kewalahan menghadapi pasukan Jerman, jadi bisa dibayangkan jika Stalin tidak mendapat info ini dan harus menyiapkan dua front sekaligus maka Jerman akan dengan mudah menggulung tentara Soviet.
  • Tahukah anda jika dogfight terakhir di perang eropa bukan dilakukan oleh pesawat tempur, melainkan oleh pesawat pengintai.
  • Reputasi tank Tiger sebagai tank yang menakutkan dan sulit dihancurkan merupakan keberhasilan propaganda Nazi saja.
  • Sama seperti Hitler, Kepala Staf Luftwaffe Hermann Goering juga memiliki keponakan yang bertugas dan juga bertempur di pihak sekutu, tepatnya di unit bomber USAAF.
Itulah fakta unik seputar Perang Dunia 2 yang jarang diketahui.

Post a Comment for "Fakta Unik Seputar Perang Dunia II - Dan Jarang Dibicarakan"